Powered By Blogger

Senin, 22 Agustus 2011

cara merakit power suplay

Salah satu sumber suara yang timbul pada komputer Anda, dapat berasal dari Power Supply Unit (PSU). Kebanyakan power supply memiliki kipas internal yang terkadang sangat berisik, sehingga membuat Anda berpikir untuk mengganti power supply tersebut dengan model yang lebih senyap.
Namun perlu saya tekankan kepada Anda, JANGAN pernah mencoba untuk membuka power supply dan mencoba untuk mengganti kipas yang terdapat di dalamnya. Anda perlu sangat berhati-hati, karena di dalam power supply terdapat transistor yang menyimpan daya listrik yang sangat besar, sehingga mampu untuk melukai Anda atau bahkan dapat menghilangkan nyawa Anda. Saya sangat menyarankan kepada Anda untuk membeli power supply yang baru saja.
Pilihan lainnya adalah dengan mengganti model power supply dengan menggunakan model power supply tanpa kipas. Model kipas jenis ini melepaskan panas dengan menggunakan heat sink yang sangat besar. Oleh karena itu, model power supply fanless atau kipas tidak akan menghasilkan suara yang mengganggu, bahkan cenderung tidak menghasilkan suara apapun. Namun, salah satu kelemahannya adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga power supply yang biasa.
Source : http://islam-download.net/tips-tricks/hardwares/membuat-power-supply-menjadi-tidak-berisik.htmlPower supply ini dikatakan simple, karena hanya menggunakan 1 buah dioda 1 ampere, dan 1 buah elco (elektrolit condensator) dan pastinya dengan komponen utama berupa travo dan dikenal dengan istilah ’penyearah gelombang penuh’, karena menggunakan 1 dioda maka daya yang dihasilkan setengah menghantar, ex: pada travo 12 volt , maka tegangan yang dihasilkan 12 / 2 = 6 volt.
Rangkaiannya adalah sbb:

Power supply 2 dioda

Power supply atau catu daya ini menggunakan 2 diode 1 amper dengan menggunakan travo CT (Center Tap) / travo tegangan terbelah.dan beberapa komponen pendukung, rangkaiannya sbb:
 Power supply jembatan (4 dioda)
Dibuat dengan 4 buah dioda 1 ampere dengan travo biasa (tidak membutuhkan travo CT) dan beberapa komponen pendukung, rangkaiannya sbb:
 Power supply regulator
Power supply regulator Power supply ini merupakan power supply yang tegangannya stabil oleh karena adanya tambahan komponen aktif dengan IC regulator, rangkaiannya sbb: 
>> Lakukan pengukuran tegangan dengan multitester (AVO meter) atau Volt meter sebelum
dihubungkan ke kit lain n pastiin tegangan sesuai dengan voltage yang diinginkan (ga
terlewat terlalu jauh sesuai hasil pengukuran).
>> Hati – hati terhadap bagian primer travo (high voltage) jangan sampai menyentuh bagian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar